selfsies

10 TIPS YANG BAIK UNTUK MENGHADAPI ORANG EGOIS

Setiap orang tentu memiliki sifat egois sampai batas tertentu. Di tingkat normalnya, mencintai diri sendiri, penilaian akan diri sendiri dan kepercayaan diri adalah faktor keegoisan seseorang yang berfungsi dengan baik namun ternyata, terdapat garis yang memisahkan karakteristik ini sehingga orang menjadi sedikit egois, arogan dan narsis.

Sebagai contoh, beberapa orang selalu berusaha untuk meyakinkan orang lain agar percaya bahwa dunia mereka adalah dunia yang terbaik, sementara yang lainnya akan mencoba untuk menghalang-halangi dan menyuarakan keluhan mereka atas sikap tersebut. Namun orang lain dapat berbicara selama berjam-jam tentang diri mereka sendiri sehingga membuat anda merasa seperti manusia yang tidak penting.

Jika kelak anda bertemu dengan seseorang yang sangat egois atau mungkin memiliki teman ataupun pasangan yang egois, berikut ini adalah 10 tips yang baik untuk menghadapi mereka diantaranya adalah :

1. Menerima jika mereka tidak menghargai orang lain

Bagian pertama dari nasihat untuk menghadapi orang-orang egois adalah menerima kenyataan tersebut. Menerima jika orang egois tidak akan pernah mempertimbangkan kebutuhan anda terlebih dahulu. Entah itu teman ataupun kekasih anda, kita tahu bahwa mereka tidak akan menghargai perasaan atau kesejahteraan orang lain.

Mereka tentu memiliki saat dimana harus bersikap dermawan dan menebar pesona namun untuk sebagian besar waktu, mereka kurang keterampilan untuk tampil bijaksana. Poin ini akan memberikanmu sebuah pemahaman yang jelas tentang sifat orang egois.

2. Beri diri anda sebuah perhatian yang layak anda dapatkan

Orang egois seperti seorang bajak laut yang emosional. Mereka mendambakan perhatian anda, namun tidak memberikan kepada anda apapun. Untuk menghindari situasi seperti ini, beranikan diri anda untuk memberikan perhatian kepada diri sendiri. Sebagai contoh, jika terdapat ketidaknyamanan didalam penampilan tubuh anda, maka pergi ke salon atau butik untuk memperbaikinya.

Inilah yang disebut dengan memenuhi kebutuhan diri sendiri dan itu adalah cara yang baik untuk meningkatkan kebutuhan ego anda. Mengabaikan kebutuhan anda untuk memberikan perhatian dan energi kepada orang egois merupakan tindakan yang tercela. Anda hanya menempatkan diri untuk menjadi seseorang yang terluka nantinya.

3. Tetap jujur kepada diri sendiri dan jangan mengikuti tingkat mereka

Orang egois bisa menggunakan anda dan membuat dirimu merasa seperti mencabut rambut mereka. Jangan ikut bermain didalam permainan mereka atau terlibat didalam perilaku yang tidak berkenan dengan sifat anda. Jujurlah pada diri sendiri.

Sulit untuk bersikap baik dengan orang egois, apabila anda mencoba untuk menjadi seperti mereka maka tidak ada hasil yang bisa didapat. Ringankanlah setiap emosi anda dengan berfokus kepada orang yang anda kasihi serta selesaikan masalah tersebut dengan penuh perhatian dan rasa kasih sayang sehingga mereka tahu siapa diri anda.

4. Ingatkan mereka jikalau dunia tidak berputar disekitar mereka

Seseorang yang mementingkan diri sendiri dapat dengan begitu mudahnya terjebak didalam dunianya sendiri dan ia akan lupa untuk mempertimbangkan segala sesuatu dengan pikiran ataupun perasaan. Dia mungkin perlu sedikit pengingat jika dunia tidak berputar disekelilingnya. Anda dapat berbicara atau menjelaskannya sedikit untuk menyerangnya.

Misalnya seperti ini, jangan sampai anda membuat ulah dengan berteriak seperti ini, “Kamu tidak pernah mendengarkanku; Anda selalu saja membuat masalah”, namun cobalah mengatakan seperti, “Saya ingin berbicara dengan seseorang perihal sesuatu yang mengganggu pikiranku. Apakah anda bersedia untuk mendengarkan ceritaku?”

5. Jangan pernah memberikan perhatian kepada mereka

Ini adalah strategi yang jitu untuk menghadapi orang egois yang umumnya menolak untuk menerima kehadiran orang lain. Caranya adalah dengan tetap bersikap sopan tetapi jangan pernah memberikan perhatian kepada mereka. Ia akan melakukan segala cara untuk membatasi kata-katamu, berikanlah sebuah jawaban tanpa komitmen atas pertanyaan mereka.

Misalnya dia mengatakan, “Kasihan sekali kamu, apakah dia melakukan itu semua untuk anda?”, anda dapat mengatakan “Ya, itulah hidup”. Kata ini akan membingungkan mereka untuk sementara waktu. Ingat, perhatian anda adalah harta bagi mereka. Jika anda tidak memberikan komentar maka kemungkinan besar mereka akan segera mengambil langkah seribu.

6. Hadirkan sebuah topik yang anda sukai

Topik apa yang anda sukai, apakah itu politik, memasak, atau olahraga, bawalah salah satu dari topik tersebut kedalam percakapan dengan orang egois dan jangan tuangkan semua perhatian anda ke topik yang ia bawakan.

Misalnya jika dia mengatakan, “Anda tidak akan percaya tentang apa yang telah dikatakan pacarku didepanku tadi!”, balaslah dengan topik, “Hei, apakah kamu tahu berapa skor pertandingan Real Madrid vs Granada tadi malam?”. Semakin acak topik yang anda bawa sehingga berbenturan dengan topik yang dibawakannya maka akan semakin lebih baik.

Tetapkah fokus pada kepentingan anda, dan anda bisa melihat ketika dirinya mencoba menjauh dari diri anda karena anda tidak tertarik dengan cerita egoisnya.

7. Berhentilah memberikan bantuan kepada mereka

Orang egois selalu meminta bantua, tetapi mereka akan menghindari anda ketika anda membutuhkan bantuan mereka. Itulah cara bagaimana mereka beroperasi. Meskipun penting untuk bersikap toleran dan membantu teman atau pasangan yang egois, namun adalah hal penting untuk menolak sisi keegoisan mereka, terutama jika hal tersebut menyakiti anda.

Jadi ketika orang egois meminta bantuan anda, cuek saja. Tegaskanlah diri anda sendiri untuk tidak menghargai apa yang sedang anda lakukan sehingga seolah-olah diri anda tidak penting. Jika anda masuk kedalam posisi dimana anda harus mempertahankan pendirianmu, buatlah sebuah komentar pendek dan langsung mengarah ke topik pembicaraan karena orang egois bukanlah seorang pendengar yang baik dan bahkan mereka tidak akan mendengarkan anda.

8. Batasi waktu yang telah anda luangkan bersamanya

Setelah anda menyadari bahwa orang tersebut terlalu egois dan lebih memetingkan dirinya sendiri, sudah saatnya anda meninggalkan mereka. Batasi waktu yang telah anda luangkan bersamanya sebanyak mungkin. Berhentilah untuk menelepon dan membalas semua pesan mereka. Anda mungkin akan berhadapan dengan emosi dan amarahnya, tetapi tetap pegang teguh pendirian anda. Lebih baik anda menghabiskan waktu sendiri daripada bersama dengan orang yang egois.

9. Aktiflah dalam mencari teman yang lebih baik

Mengingat kembali rasa sakit, penderitaan, kepedihan dan kelelahan akan memberikan energi emosional yang kuat bagi para penderitanya. Apabila anda menemui teman yang seperti itu maka hindarilah sejauh mungkin. Sebaliknya, anda dapat mencari teman baru yang dapat memberikan perhatian kepada anda lebih banyak dari sebelumnya.

 border=

Anda dapat berinteraksi dengan orang-orang bari di acara sosial, tempat ibadah dan pusat relawan. Setelah anda memiliki teman baru, mereka dapat menghibur diri anda dengan cerita-cerita yang tidak egois dan tidak menjarah emosi anda tentunya.

10. Mengakhiri hubungan secara langsung

Jika orang egois berurusan dengan anda dan anda lihat orang tersebut sudah tak bisa ditangani lagi, bisa jadi ia merupakan seorang yang mempunyai sifat narsis yang berlebihan. Narsis tidak hanya egois dan mementingkan diri sendiri tetapi mereka juga tidak mempunyai perasaan simpati dan sengaja menggunakan orang lain.

Orang yang bertipikal seperti ini sangat sulit untuk ditangani. Dalam hal ini, anda dapat menyuruh mereka untuk mendapatkan bantuan profesional, tetapi jika cara itu masih tidak berhasil maka akhiri hubungan dengannya. Hidup ini terlalu singkat untuk mengurus orang-orang yang mempunyai sifat egois seperti mereka. Percaya atau tidak, mereka dapat menyedot energi dan kebahagiaan yang telah anda dapatkan selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *